Optimalisasi Kemampuan Manajemen Dalam Meningkatkan Kinerja Usaha Kecil Dan Menengah Di Kabupaten Sukabumi

Authors

  • Nor Norisanti Fakultas Ilmu Administrasi dan Humaniora Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Dicky Jhoansyah Fakultas Ilmu Administrasi dan Humaniora Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Keywords:

Kemampuan Manajemen, Kinerja dan UKM

Abstract

Menyadari peran UKM di Kota Sukabumi sebagai kelompok usaha yang memiliki jumlah paling besar dan cukup dominan dalam perekonomian, maka diperlukan strategi yang tepat untuk meningkatkan kinerja UKM agar dapat tetap bertahan dan berkembang. Banyak tantangan yang harus dihadapi terkait dengan kinerja sejumlah UKM di Kabupaten Sukabumi, di antaranya; Belum memiliki sistem administrasi keuangan dan manajemen yang baik, sulitnya menyusun perencanaan bisnis, sulitnya memperoleh tenaga kerja yang terampil, rendahnya kualitas produk yang dihasilkan, sulitnya memperoleh bahan baku yang berkualitas akibat harga mahal, teknologi yang cepat berubah, sulitnya memperoleh modal karena tidak memiliki agunan, dan sulitnya memasarkan produk karena tidak memiliki akses pasar.
Permasalahan tersebut secara umum disebabkan karena minimnya kemampuan manajemen (managerial Skills) yang dimiliki oleh pelaku bisnis. Sedangkan kemampuan manajemen sangat diperlukan agar fungsi-fungsi dari manajemen dapat berjalan sesuai dengan apa yang ditetapkan, tanpa kemampuan manajemen yang baik mustahil pelaku UKM dapat meningkatkan kinerjanya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan rumusan mengenai optimalisasi kemampuan manajemen guna meningkatkan kinerja UKM di Kabupaten Sukabumi.. setelah dilakukan pengujian diperoleh Fhitung (17,316) > Ftabel(3,94), maka dapat disimpulkan H1 diterima, artinya kemampuan manajemen berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja UKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan manajemen yang dimiliki oleh pelaku UKM di Kabupaten Sukabumi secara langsung dapat meningkatkan kinerja UKM di Kabupaten Sukabumi. kemampuan manajemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan sebagai pembentuk variable kemampuan manajemen dapat dioptimalkan untuk meningkatkan laba, mempertahankan pelanggan dan pertumbuhan bisnis secara internal sebagai pembentuk variabel kinerja UKM.

Downloads

Published

2020-02-10

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 249 times