Modernisasi dan Inovasi dalam Pelayanan Publik Melalui E-Government di Kota Denpasar
Keywords:
Pelayanan publik, e-government, Kota DenpasarAbstract
Abstrak
Pelayanan publik menjadi bagian penting dari peran birokrasi sebagai pelayan masyarakat.
Dinamika yang terjadi di masyarakat menjadi sebuah tantangan bagi birokrasi. Reformasi
birokrasi merupakan sebuah tuntutan yaitu melalui melakukan inovasi dalam pelayanan
publik. Hal ini dilakukan untuk memberikan kepuasan kepada masyarakat.
Saat ini, posisi masyarakat Indonesia berada dalam lapis masyarakat digital. Digitalisasi
masyarakat terlihat ketika teknologi menjadi bagian penting dalam kehidupan sosial
masyarakat. Teknologi secara langsung merubah pola pikir masyarakat menjadi lebih praktis
dan responsif menanggapi fenomena yang ada. Problematikanya yaitu, birokrasi dalam
memberikan pelayanan publik cenderung lambat dalam merespon sebuah perubahan.
Reformasi birokrasi lebih kepada peningkatan pendapatan pegawai melalui remunerasi untuk
menghindari korupsi daripada kualitas dari pelayanan yang diberikan. Pelayanan publik
yang baik harus mampu mengikuti perkembangan teknologi dengan sebuah modernisasi dan
inovasi pelayanan publik berbasis teknologi.
Kota Denpasar menjadi salah satu daerah yang mencoba dalam memberikan pelayanan
terbaik kepada masyarakatnya. Sewaka dharma menjadi sebuah motto yang artinya
melayani adalah kewajiban dalam diri birokrat dan birokrasi di kota Denpasar. Salah satu
langkahnya yaitu, dengan penerapan e-government sebagai cara mendekatkan dan
meningkatkan kinerja pelayanan publik kepada masyarakat.
Paper ini mendiskusikan pelayanan publik berbasis e-government terkait penerapannya
selama ini, kesesuaian motto dengan realitas yang ada, peran teknologi dalam pelayan
publik serta kajian administrasi publik