PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ida Farida Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Iis Nurasiah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Astri Sutisnawati Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Keywords:

Model Pembelajaran Course Review Horay, Pemahaman Konsep, Materi Penjumlahan Pecahan

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep siswa pada
pembelajaran matematika mengenai materi penjumlahan pecahan menggunakan KPK
yang menyebabkan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal mengenai penjumlahan
pecahan di kelas VI.Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan langkahlangkah penggunaan model pembelajaran Course Review Horay (CRH), respon siswa,
dan hasil peningkatan pemahaman konsep siswa mengenai materi penjumlahan
pecahan.Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan
model siklus yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart.Penelitian dilakukan
sebanyak 2 siklus yang dilengkapi dengan alat pengumpulan data berupa hasil tes,
lembar observasi, dan catatan lapangan.Penerapan langkah-langkah model pembelajaran
Course Review Horay terdiri dari (1) Penyampaian kompetensi dan pemberian materi,
(2) Pembentukan kelompok, (3) pembuatan kotak, (4) Pembacaan soal, (5) Diskusi
kelompok, (6) Pengecekan jawaban, (7) Perayaan dan penghargaan (8) Penutup.
Pembelajaran matematika menggunakan model CRH, dimana siswa menunjukkan
respon positif dengan rasa senang dalam belajar matematika. Hasil penelitian pada
siklus I menunjukkan peningkatan pemahaman konsep dengan ketuntasan 65%. Hal ini
berarti meningkat 45% dari hasil pretest dengan ketuntasan 20%, kemudian meningkat
pada siklus II dengan ketuntasan 90% dari keseluruhan siswa.

Published

2018-07-05

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 447 times