Implementasi Guided Inquiry Laboratorium pada Praktikum Anatomi Tumbuhan

Authors

  • Setiono - Pendidikan Biologi, Universitas Pendidikan Indonesia
  • N Y Rustaman Pendidikan Biologi, Universitas Pendidikan Indonesia
  • A Rahmat Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • S Anggraeni Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37150/jut.v3i2.77

Keywords:

guided inquiry labortorium, inquiry skills

Abstract

Abstrak: Inkuiri merupakan pengalaman belajar penting dalam pengalaman belajar praktikum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifivitas pemebelajaran praktikum anatomi tumbuhan melalui guided inquiry labortorium. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah mahasiswa calon guru biologi yang sedang menempuh semester 2 (n=23). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes penguasaan konsep dan tes inquiry skills. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi ekperimen dengan desain one group postes only design. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pembelajaran praktikum dengan guided inquiry labortorium  harus direncanakan dengan perencanaan yang matang dengan memperhitungkan pengalaman belajar dan tuntutan learning outcome pembelajaran praktikum. Pengalaman belajar Guided inquiry labortorium dapat membantu mahasiswa yang belum terbiasa melakukan penyelidikan di laboratorium, bantuan-bantuan yang diberikan oleh dosen dalam implementasi guided inquiry labortorium membantu mahasiswa melatih kemampuan inquiry skills mahasiswa.

Published

2017-12-27
Abstract viewed = 2175 times